Chart Pattern (1) : Slowing Reversal Pattern

Salah satu tanda-tanda akan mengalami reversal biasanya adalah adanya pola yang tetap searah dengan trend saat ini tapi sedikit melambat. Salah satu yang paling terlihat jelas dari pola ini adalah kemiringannya yang melandai dibandingkan dengan trend sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya akan saya sertakan contoh-contoh berikut ini :

Bila pada chart membentuk pola chart seperti ini berarti tandanya ada perlambatan trend. Bila muncul pola reversal seperti ini, maka akan terjadi berbagai kemungkinan, yaitu :

  1. Harga akan pullback kemudian bergerak lagi melanjutkan trend
    Ciri – ciri : Pullbacknya biasanya lemah gerakannya. Setelah pullback, gerakan langsung berbalik arah dan biasanya akan menembus trendline. Biasanya ini merupakan kesempatan untuk re-entry
  2. Harga akan berbalik arah
    Ciri – ciri : Setelah pullback, gerakan mencoba untuk bergerak sesuai trend awal tapi tidak berhasil membentuk impulse baru dan gerakannya cenderung lambat atau melandai. Dan biasanya saat harga menyentuh puncak / dasar sebelumnya, harga langsung bereaksi
  3. Harga langsung melanjutkan trend
    Ciri – ciri : Biasanya pelambatannya akan berbentuk gelombang, tapi saat gerakan marketnya melawan trend malah terjadi perlambatan. Saat terjadi begini, ada kesempatan re-entry saat gerakan market melawan trend-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *