5 Pertanyaan Yang Harus Anda Tanyakan Kepada Diri Sendiri Sebelum Trading dengan Real Account

Demo Account adalah salah satu tahapan dalam keseluruhan proses untuk menjadi seorang trader yang konsisten dan bisa menghasilkan keuntungan. Demo account didesain untuk membantu kita menjadi trader yang kita inginkan tanpa mengambil resiko satu peser pun. Demo account juga membantu kita untuk meningkatkan kedisiplinan dan tetap patuh pada aturan-aturan risk management yang kita buat. Dan yang terpenting, demo trading akan memberikan kita pengalaman di beberapa kondisi market yang berbeda.

Nah pertanyaannya sekarang adalah kapan anda tahu bahwa anda benar-benar siap untuk trading menggunakan real account? Berikut ini adalah semacam checklist di mana anda bisa dikatan siap bila benar-benar menjawab “YA” untuk semua pertanyaan berikut tanpa adanya keragu-raguan sedikit pun.

Apakah kamu trading secara rutin selama 6 bulan atau lebih?

Ini adalah salah satu pertanyaan paling penting. Forex market selalu berubah, yang berarti bahwa sebuah sistem yang cukup efektif pada demo belum tentu akan berhasil di 6 bulan kemudian. Punya banyak pengalaman untuk mengukur kedinamisan market adalah hal terpenting untuk membuat account anda tetap bertahan.

Apakah anda telah mencoba dengan gaya trading yang lain?

Ada banyak sekali gaya dan sistem trading di luar sana. Apakah anda benar-benar positif telah menemukan yang benar-benar cocok untuk anda? Pastikan paling tidak untuk mencoba semua jenis tipe trading mulai dari scalping, day trading, mechanical trading, dll. Anda harus terus bertahan pada satu sistem entah berapa kalipun anda mendapatkan keuntungan atau kerugian secara beruntun. Sangat penting untuk mengerti semua pilihan yang tersedia di market dan menemukan metode yang anda rasa paling cocok sebelum memutuskan untuk trading menggunakan real account.

Apakah Hasil Winning Trade lebih banyak daripada Losing Trade untuk jangka panjang?

Jika anda belum menghasilkan keuntungan di demo trading, maka jangan coba-coba untuk trading dengan real account. Karena live trading benar-benar seperti hewan liar. Sekali anda mengalami kerugian secara beruntun dengan uang sungguhan, maka emosi biasanya akan mempengaruhi keputusan kita saat trading. Hal ini menyebabkan kita memperoleh hasil yang semakin buruk. Pastikan anda secara konsisten menghasilkan pip di demo account dalam jangka waktu cukup panjang sebelum anda mulai trading dengan real account. Saya sendiri punya kebiasaan untuk mengetes suatu sistem sampai 6 bulan lamanya di demo account, sebelum mengimplementasikannya di real account.

Apakah anda sudah mencatat dan menganalisa setiap trade yang anda lakukan guna meningkatkan performa trading anda?

Ini adalah sesuatu yang biasanya diremehkan oleh para trader. Kebanyakan trader tidak punya kedispilinan yang cukup ketat untuk tetap membuat jurnal trading. Mencatat dan menganalisa setiap trade yang anda lakukan memberikan anda banyak sekali manfaat.

Dan kita sampai pada pertanyaan paling penting dari semuanya,

Apakah anda sudah mengembangkan sebuah sistem trading yang benar-benar bekerja untuk anda?

Tanpa adanya sistem trading yang solid dan terencana, account anda akan dengan cepat menuju kebangkrutan. Rencana dari sistem trading andalah yang akan membantu anda menghindari trade-trade yang buruk.

Jika anda masih sering bingung apakah akan memasang posisi atau tidak, dan anda masih sering merasa emosional ketika menghadapi beberapa kali kerugian, maka ada baiknya anda kembali untuk melakukan trade di demo account. Tidak perlu malu, untuk trading di demo account sampai anda benar-benar siap. Semua trader-trader profesional juga melakukan hal yang sama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *