Canggihnya EA Chartist – Si Inem Cerdas Buatan Secundo Lee

Beberapa bulan yang lalu setelah saya selesai membaca buku tulisan Secundo Lee, saya belum sempat mencoba EA terbaru buatan Secundo yaitu Chartist atau yang sering disebut Secundo sebagai si Inem Cerdas. Mengapa disebut dengan sebutan si inem cerdas? Karena EA ini diibaratkan adalah sebagai pembantu serba bisa dan seksi (ups… gak selalu seksi sih. wkwkwk) yang akan membantu kita untuk melakukan trading tanpa harus terus-menerus di depan monitor.

Baru beberapa minggu yang lalu, akhirnya saya punya kesempatan untuk mencobanya. Hasilnya, EA ini benar-benar membantu saya dalam trading. Seperti filosofi Secundo, trading memang harusnya dilakukan dengan santai tanpa harus berada di depan monitor sepanjang hari. Dan EA Inem Cerdas ini benar-benar membantu kita untuk lepas dari hal-hal yang bisa menguras emosi dan waktu tersebut.

EA ini menurut saya sangatlah canggih. Kalau biasanya EA yang lain hanya menetapkan stop loss dan taking profit pada harga yang fix, Inem Cerdas ini bisa membantu menjaga trading kita dengan nilai Stop Loss dan Taking Profit berdasarkan garis yang kita tentukan. Untuk lebih jelasnya coba lihat ilustrasi saya berikut ini.

Oke… Bagi yang sudah belajar mengenai price action, biasanya kita tentu tahu dengan apa yang namanya garis support dan resistance. Di garis-garis inilah, harga punya kecenderungan untuk menguji apakah akan terus melanjutkan trend-nya atau berbalik arah.

Dengan Inem Cerdas, maka kita bisa menyuruh si Inem untuk pasang posisi dekat dengan garis support / resistance. Contohnya seperti chart berikut ini.

trade-inem-chartist

Chart di atas adalah contoh bagaimana saya memasang posisi dengan EA Chartist (Inem Cerdas). Garis Support #1 adalah titik di mana saya memasang posisi Buy, sehingga bila harga menyentuh garis tersebut, maka secara otomatis EA akan memasang posisi BUY. Untuk nilai Stop Loss saya memasangnya tepat beberapa pips di bawah garis support tersebut. Sedangkan untuk nilai Take Profit saya memasangnya dekat dengan nilai High sebelumnya.

Kecanggihan EA Inem Cerdas ini adalah bisa memasang posisi tanpa diketahui oleh Broker (invisible). Selain itu EA ini juga akan melindungi posisi kita. Bila harga sudah bergerak searah dengan plan kita, maka secara otomatis EA akan memasang SL di atas harga entry kita.

Berikut adalah Algoritma dari Inem Cerdas :

Pada saat trader meletakkan Expert Advisors ini pada chart-nya dengan setting default, EA tidak akan melakukan apa-apa.   Robot hanya akan membuka posisi pada saat harga menyentuh garis-garis dengan nama tertentu. Nama garis-garis tersebut adalah:

  • Chartist Buy:  EA akan otomatis membuka posisi Buy pada saat pasar menyentuh garis ini.
  • Chartist Sell:  EA akan otomatis membuka posisi Sell pada saat pasar menyentuh garis ini.
  • Chartist Buy TP: Apabila trader mempunyai posisi Buy maka EA akan otomatis mentutup posisi tersebut apabila pasar sudah berada di atas garis ini.
  • Chartist Sell TP: Apabila trader mempunyai posisi Sell maka EA akan otomatis menutup posisi tersebut apabila pasar sudah berada di bawah garis ini.
  • Chartist Buy SL: Apabila trader mempunyai posisi Buy maka EA akan otomatis menutup posisi tersebut apabila pasar sudah berada di bawah garis ini.
  • Chartist Sell SL: Apabila trader mempunyai posisi Sell maka EA akan otomatis menutup posisi tersebut apabila pasar sudah berada di atas garis ini.

Pada saat posisi trader dalam kondisi profit lebih besar dari nilai tertentu (ProfitLockAfter) maka Chartist EA otomatis akan memindahkan Stop Loss pada level tertentu (ProfitLockValue) di atas nilai breakeven.

Setelah pasar mengenai garis Chartist Buy, maka garis Chartist  Buy akan di letakan di belakang, sehingga tidak akan terjadi posisi yang gtrader.  Garis Chartist Sell juga akan diletakkan di belakang.

Fungsi Utama Chartist Expert Advisors

  • Mengeksekusi trading plan tanpa melibatkan emosi
  • Menjaga posisi trader pada saat sudah profit dengan menggunakan parameter ProfitLockAfter, ProfitLockValue.
  • Menjalankan fungsi trailing pada saat trader sudah profit.
  • Semua rencana trading ada pada layar, Chartist EA tidak mengirimkan rencanatrading itu pada broker.   Semua akan diproses secara internal oleh Chartist EA, dengan kata lain Take Profit dan Stop Loss trader hanya diketahui oleh trader (tersembunyi).
  • Mengatur Money Mangement setiap posisi trader.

Bagi yang ingin mendownload Inem Cerdas ini, bisa langsung ke website http://inemcerdas.com. Tenang saja, EA ini gratis dan tidak dipungut biaya apapun.

5 thoughts on “Canggihnya EA Chartist – Si Inem Cerdas Buatan Secundo Lee”

  1. saya sdh setting default pada mt4 real milik saya, tapi ketika harga menyentuh garis,, knp tdk open order yah ? padahal garis2 sdh saya beri nama sesuai petunjuk. apakah pengaktifannya hrs dlm keadaan connect internet? soalnya kemarin saya matikan PC saya. lalu saya nyalakan bbrp jam kemudian. harga menyentuh garis namun tdk open order.
    mohon petunjuk, master
    tq,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *